Dec 9, 2012

"Nia Ino O Halmahera Koremie Mabareka"



Nia Ino O Halmahera Koremie Mabareraka adalah bahasa tobelo untuk menyambut para wisata pencinta pantai. Kalimat tersebut berart "selamat Datang Di Halmahera Utara". Di sepanjang sisi utara dan timur pulau Halmahera Utara merupakan pesisir. Menurut data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Halmahera Utara tahun 2007, terdapat 96 pulau termasuk gugusan pulau-pulau kecil.

Pulau Kakara adalah satu dari 96 pulau yang berada di Halmahera Utara. Pulau ini menjadi primadona Halmahera utara. Sebagian besar pulau-pulau ini memiliki pantai yang belum terjamah oleh tangan manusia, pun Kakara. Disinilah letak keeksotisan pantai Halmahera Utara. Pantai berpasir putih dengan panorama yang masih alami. Tanjung kakara, sebutan untuk pantai kakara. Pantai ini masih terbilang sepi. Terkadang saat anda berkunjung bisa jadi anda satu-satunya orang yang berada di Pantai itu. Saat mampir, anda akan merasa berada di pulau pribadi.

Di pulau Kakara terdapat driving center. Karena itu dipualu ini cocok menjadi titik driving. Jarak menuju pulau Kakara dari kota Tobelo hanya 20 menit menggunakan speedboat atau bisa juga menggunakan katitinting (sebutan untuk perahu kecil bermuatan 5-10 orang di dalamnya dan menggunakan mesin untuk menjalankannya).

Panorama di kawasan Pulau Kakara begitu lengkap. Tidak hanya laut dan pasir putih, tetapi anda juga bisa melihat Gunung Dukono yang aktif dan sering mengeluarkan asap bahkan abu vulkanik serta Gunung Mamuya yang terletak di Galela.

Dari Tanjung Kakara, anda bisa menaiki perahu menuju perkampungannya. Di perkampungan Kakara terdapat sekitar kurang lebih 100 kepala keluarga. Yang lucu dari perkampungan ini adalah, kampung ini belum mempunyai listrik sendiri. Mereka masih menggunakan genset untuk penerangan di malam hari. Jadi anda bisa bayangkan betapa berisiknya malam hari saat satu kampung menghidupkan genset secara bersamaan.





No comments:

Post a Comment