Dec 9, 2012

"Eksotisme Kawah Putih"


Kawah putih, siapa yang tahu kawah putih. Objek wisata yang berada di bagian selatan Kota Bandung, tepatnya di Ciwidey ini menyajikan panorama yang indah hingga membuat mata tak ingin berhenti memandangnya.
Kawah putih terletak di Gunung Patuh, sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat. Ketinggian gunung ini mencapai 2.386 meter. Kawah dari gunung inilah yang kemudian dijadikan objek wisata. Tanahnya yang putih yang terdiri dari belerang merupakan alasan mengapa tempat ini dinamakan kawah putih. Permukaan tanah di sekitar kawah tidak rata sehingga menyerupai gundukan-gundukan tanah. Air kawah yang berwarna kehihauan juga tak kalah indahnya. Di sekelilingnya, terdapat pegunungan yang sebagian sudah kering tetapi ada beberapa yang masih ditumbuhi beberapa pohon hijau. Kita dapat menaiki gunung yang mengelilinginya walaupun tidak sampai puncak. Dari ketinggian ini kita bisa melihat keseluran kawah dari atas.




Kawahnya cukup luas. Konon katanya air di kawah tersebut dapat berubah-ubah warnanyatergantung cahaya matahari. Kawah putih menyajikan panorama yang indah untuk indera penglihatan tapi tidak untuk indera penciuman.  Asap dari air belerang terkadang timbul sehingga menghalangi pandangan kita. Airnya juga menimbulkan bau belerang yang sangat menyengat di indera penciuman. Bila angin sedang bertiup, bau belerang akan menusuk hidung kita dan membuat kita terbatuk-batuk. Maka, ada beberapa titik pada kawah ini yang dipasangi peringatan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari asap belerang. Udara di sekitar kawah putihpun terbilang dingin karna berada di ketinggian 2.386 meter dpl.



Keindahan pemandangannya membuat tempat ini sering kali dijadikan tempat untuk membuat foto pra wedding bagi para pengantin. Saat  saya dan teman-teman berkunjung kesana, ada  sepasang calon suami-istri yangsedang melakukan proses foto. Pengantin wanitanya menggunakan gaun putih panjang yang memperlihatkan keseluruhan bahunya sedangkan pengantin prianya menggunakan tuksedo yang rapih dan terlihat gagah dibadannya.

Disekitar kawahpun banyak pedagang yang berjualan, mulai dari mainan anak-anak sampai belerang dan masker pun di jual disini. Kekurangan dari objek wisata ini adalah akses yang jauh dari pusat kota sehingga mengharuskan kita untuk melakukan perjalanan sektar 2 jam untuk sampai di tempat tujuan.  Tetapi dalam perjalanan menuju kawah putih, kita akan disuguhi oleh panorama alam dengan kebun stroberi yang terbentang luas. Kita bisa turun langsung untuk memetik buah stroberi  dan kemudian membelinya dan membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

No comments:

Post a Comment