Dec 15, 2010

"Cinta Masa Lalu"


Gue Pernah mencintai seseorang yang bahkan gue belum pernah bertatap muka dengannya. Bertahan hingga 5 tahun lamanya hanya untuk mengharapkan cintanya.. Cerita itu berawal waktu gua duduk di bangku kelas 2 SMP. Temen gue, Anggi, ngenalin gue ke temen SD nya, Andika. Kenalan yang hanya lewat sms dan telpon. Akhirnya mengakrabkan gue dan Andika. Andika Lalu mengirimkan fotonya untuk Anggi lewat salah satu temannya. Di foto itu ada 4 cowok. Salah satunya adalah Andhika dan 3 orang temannya, Akbar, Radit dan Giri.
Andika lalu ngenalin gue ke Akbar, salah satu temannya yang ada di foto itu. Bermodalkan surat-suratan, kita jadi mulai akrab. Dari surat berlanjut ke sms dan telpon. Kelamaan sms-an dan telpon-telponan akhirnya menimbulkan benih-benih cinta di gue. Benih-benih yang udah mulai gue pupuk tiba-tiba hancur lebur gara-gara hama yang ga keliatan bentuknya. Akbar tiba-tiba aja mulai ga sms gue lagi dan mulai ga nelpon gue lagi. Sampai sekarang gue ga tau apa alasan dia waktu itu. Mungkin karna ngerasa bahwa gue jelek?? Atau sebagainya?? Emang dasarnya waktu itu kita semua masih pada labil, hubungan gue sama Akbar akhirnya hancur lebur tanpa ada ending ataupun beginning. Hubungan yang hanya berawal dari telpon ahirnya menjadi cinta sepihak gue. Awalnya gue ga ngerasain apa-apa sejak dia udah mulai ga sms gue, tapi koq lama-lama gue jadi ngerasa kehilangan ya?? Mungkin emang pada saat itu gue adalah ABG labil yang kaget dengan transisi kehidupan anak-anak menjadi ABG.
Mulai dari situ, gue sering nelpon dan ngirim sms ga jelas ke Akbar berharap dia balas sms ataupun telpon gue. Tapi selama apapun gue berharap harapan itu ga pernah jadi nyata. Lama-kelamaan cinta itu bukannya pergi tapi malah tambah menumpuk di hati gue. Bahkan untuk mencintai lagi, hati gue udah ga sanggup kebuka lagi untuk cwo lain. Gue pernah nyoba pacaran dan deket sama cwo lain, tapi tetep aja goresan dan lubang yang Akbar buat di hati gue ga bisa tertutup gitu aja. Lubang dan goresan itu makin lama makin besar. Dan begitu juga cinta gue ke Akbar.
Saat itu, hanya denger suaranya di telpon aja bikin hati dan jantung gue serasa loncat dari tempatnya dan gue serasa ga bisa injak bumi lagi. Emang kedengarannya lebay banget tapi emang itu yang gue rasain waktu itu. Gue sama temen-temen sering nelpon dia dan nanya-nanya gag jelas, gue tau saat itu pasti dia ilfeel banget sama gue and temen-temen gue, tapi rasa cinta gue nutupin itu semua. Rasa malu gue buang jauh-jauh hanya untuk bisa ngeraih hatinya. Tapi sebanyak apapun malu yang gue buang, ga ngebuat hati dia ngeliat kearah gue.
Sering kali gue kirim sms ke dia dengan nama orang lain, karna gue tau kalau dengan embel-embel nama gue dia ga akan pernah bales, dan dengan menjadi orang lain gue akan dapetin respon dari dia. Dan emang terbukti, gua dapet respon dari dia. Awalnya gue menikmati itu semua, tapi lama kelamaan kenikmatan itu pelan-pelan ngebunuh hati gue. Hati gue sakit saat menyadari bahwa dia bersikap seperti itu bukan ke gue melainkan orang lain yang gue buat. Tapi balik lagi, rasa cinta gue begitu besar sampai gue gag menghiraukan sakit yang gue rasa. Gue bingung sendiri dengan perasaaan gue. Kenapa rasa cinta gue pada saat itu bisa sebegitu besar sama orang yang bahkan gue belum pernah liat wujud aslinya. Kenapa bisa begitu banyak pengorbanan buat dia yang bahkan mungkin dia ga tau siapa gue.
Guru gue di tempat les, Miss Multy dan Miss Fenny, pernah bilang bahwa dia ga pernah ngasih respon ke gue karna dia ga tau gue siapa. Dan seharusnya gue mulai dari awal memperkenalkan diri gue ke dia dengan cara ketemuan. Tapi jangankan untuk liat wajahnya, denger suaranya di telpon aja gue udah gag sanggup berdiri apalagi kalau sampai ketemuan dan bertatap muka langsung dengan dia?
Hanya denger dia dah punya pacar bisa bikin gue ga napsu makan berhari-hari dan bikin mata gue bengkak gara-gara temen-temen sekelas pada nyanyi lagu patah hati yang pas sama keadaan gue saat itu.
Dan puncak sakit hati gue waktu ultah dia yang ke-17 dan gue ngasih kado dan coklat, karna ultahnya berdekatan dengan hari valentine, beserta dengan 7 lembar surat gue sertain di dalamnya. Gue nulis semua hal dan perasaan yang gue alami slama 4 tahun terakhir. Gue tulis semua perasaan yang selama ini gue tutupin buat dia. Gua tulis sakit yang gue rasain karna dia. Gue tulis bahagia yang gua dapat dari dia. Semuanya gue tuangin dalam 7lembar surat itu. Dan gue juga nulis harapan yang gue harap sesudah dia baca surat dari gue. Pada saat itu emang gue ga berharap dia bakal jadi pacar gue sesudah dia baca surat dari gue, saat itu yang gue harepin adalah dia bisa menghargai perasaan gue ke dia. Perasaan yang gue sendiri ga tau harus menamakan perasaan itu apa. Tapi apa yang gue harepin gag bisa dia berikan . Bahkan untuk ucapan terima kasih aja harus gue minta dulu. Saat itu, dia bilang bahwa dia ga mau ngasih harapan terlalu banyak ke gue karna dia takut gue akan lebih sakit dari sekarang. Dan saat itu dia udah mencintai seseorang. Kaya orang bego, gue malah nangis di sms-in kaya gitu. Waktu gue nerima sms dia, kebetulan gue baru pulang dari tempat kursus, dan saat itu gue masih berada dalam angkot.
Tanpa mandang orang-orang di sekitar gue, gue nangis sejadi-jadinya kaya orang yang baru ditinggal mati sama papanya. Hati gue bener-bener sakit saat itu dan ngerasa terpuruk . Itu terakhir kali gue nerima sms dari dia.
Sekarang gue baru sadar, mungkin sikap dia itu adalah untuk ngelindungi diri gue sendiri. Untuk ngelindungi perasaan gue yang dia tau gag akan pernah bisa dia balaz sampai kapanpun. Tapi apapun alasannya, gue tau itu pasti yang terbaik buat kita berdua dan orang lain.
Sekarang kalau gue ingat2 itu semua bikin gue tertawa sendiri. Kenapa sii gue bisa ada perasaan yang begitu dalam ke cowok yang bahkan ampe detik ini gue belum pernah liat wujud aslinya. Apa itu bener2 cinta?? Atau hanya perasaan ABG labil yang ga jelas?? Atau mungkin itu yang namanya cinta sejati?? Saat ini gue belum nemuin jawaban yang pas dengan pertanyaan gue, Tapi satu hal gue yakini benar adalah perasaan itu nyata gue alami dan ga ada rasa sesal sedikitpun di hati gue pernah menangisi sesuatu yang bahkan bukan milik gue. Dan gue bener-bener berterima kasih sama akbar yang telah memperbolehkan hati gue untuk mencintainya.
Dengan berjalannya waktu perasaan itu mulai hilang. Dan benar-benar hilang tanpa bekas. Harapan gue saat ini adalah, semoga dengan siapapun dia hidup, dia akan selalu bahagia. Setidaknya bahagia untuk seseorang yang pernah mencintainya dengan tulus. Gue percaya, dengan siapun pilihannya itu pasti yang terbaik buat dia. Dan hati gue akan sangat terbuka untuk mendoakannya. Setidaknya, dengan pernah mencintai seseorang, gue jadi tau bagaimana rasanya mengenang masa lalu..

Aku tau cinta itu tak harus memiliki ..
Cinta juga membutuhkan pengorbanan ..
Walaupun aku tak bisa memilikinya ..
Setudaknya aku tau dia bahagia bersama orang lain ..

dan ..


Harus berhenti mencintai seseorang bukan karna orang itu berhenti mencintai kita ataupun tidak pernah mencintai kita .. Melainkan karna kita menyadari bahwa orang itu akan lebih bahagia apabila kita melepaskannya.


TERIMA KASIH CINTA ..


No comments:

Post a Comment